Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Budaya Bawaslu Kota Magelang dengan tema “ Sesarengan Ngawasi Pemilihan Serentak 2024”

Pembukaan Acara Festival Budaya oleh Ketua Bawaslu Prov Jateng bersama Ketua Bawaslu Kota Magelang serta jajaran Forkopimda, Sabtu (14)/09/2024).

Pembukaan Acara Festival Budaya oleh Ketua Bawaslu Prov Jateng bersama Ketua Bawaslu Kota Magelang serta jajaran Forkopimda, Sabtu (14)/09/2024).

MAGELANG - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dan bijak dalam proses pemilihan serentak tahun 2024, Bawaslu Kota Magelang mengadakan Gelar Budaya dengan tema “Sesarengan Ngawasi Pemilihan Serentak 2024”  pada hari sabtu (14/0/2024) di Alun - Alun Kota Magelang. Acara ini dihadiri oleh Sekretariat Daerah Kota Magelang, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Partai Politik Pengusung Bacalon, Pers, serta Masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya.

Acara dibuka dengan menampilkan video profil Ketua Bawaslu, Koordinator Sekretariat, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, serta Divisi Hukum, Humas dan Hubal. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Helmi dari Kementrian Agama, dan Sambutan oleh Bapak Muhammad Amin, S.AP.,MH. Selaku ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan bahwa seluruh masyarakat Kota Magelang yang mempunyai hak pilih diwajibkan untuk berpartisipasi dalam proses pemilihan untuk menentukan langkah-langkah pembangunan di Kota Magelang kedepannya agar masyarakat terjamin kemakmuran dan kesejahteraannya. Sosialisasi peran serta pengawasan bertujuan agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan terhadap calon maupun tim sukses agar pemilihan dapat berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Beliau juga menyampaikan harapannya untuk Kota Magelang agar dapat menjadi contoh tumbuhnya sistem demokrasi yang dianut saat ini, dan juga berharap untuk menjadi warga masyarakat yang cerdas yang bisa memilih dan menimbang terhadap provokasi dan isu hoaks, dan jangan terjadi kampanye hitam agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kota Magelang, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sekretariat Daerah Kota Magelang, Divisi Hukum Bawaslu Kota Magelang dengan menyalakan confetti dan kembang api serta diakhiri dengan foto bersama. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Hamzah Kholifi, S.Sos., M.SI. Selaku Sekretariat Daerah Kota Magelang. Beliau menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Kota Magelang yang telah menyelenggarakan acara ini, “acara ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan peran dan pemahaman masyarakat dalam setiap tahapan pemilihan serta dalam setiap tahapan pemilihan harus ada sinergitas antar penyelenggara. Masyarakat harus Bijaksana dalam menerima setiap berita atau informasi atas isu² politik dari berbagai media dan harus proaktif untuk menyaring sumber informasi yang valid. Gunakan hak pilih Anda dengan sebaik-baiknya untuk bersama-sama menyongsong kesuksesan pemilu” tutur Beliau. 

Acara dilanjutkan dengan penampilan dari Fanada Band dan Woro Widowati. Penampilan ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme masyarakat Kota Magelang dan Sekitarnya bersama mengawasi jalannya proses pemilihan serentak 2024 di Kota Magelang. Closing statement dari acara Gelar Budaya Bawaslu Kota Magelang dengan tema “Sesarengan Ngawasi Pemilihan Serentak 2024” dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya dengan bijak dalam proses pemilihan dan untuk dapat menggunakan media sosial dengan bijak dalam menerima informasi atau berita dan jangan percaya hoax. Acara Gelar Budaya Sesarengan Ngawasi Pemilihan Serentak 2024 mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat menyongsong kesuksesan pilkada.

Woro Widowati berssama Fanada dalam acara Festival Budaya Sesarengan Ngawasi Bawaslu Kota Magelang

Penulis dan Foto: Magang MBKM Untidar Batch 4